Kita Terima Service Printer Matot, Laptop, PC Infus Printer,Refill Toner,Buat WEB, Pasang CCTV FAST RESPON 0857 11 2000 35 / 021 364 84704 PIN 2939183D JABOTABEK , LUAR PULAU SAMPAI LUAR PLANET DI JABANIN JUGA .

PRINTERKU

Tuesday, June 17, 2014

CARA SERVIS BATERAI LAPTOP YANG DROP

Kali ini mbah belajar dari blog tetangga tentang cara service baterai laptop semoga infonya bermanfaat
Berikut ini contoh cara memperbaiki/refill baterai laptop Compaq-HP (Hewlett-Packard), untuk cara agar baterai laptop awet baca disini. Metode yang sama dapat diterapkan untuk laptop merk lainnya spt: Asus, Acer, Axioo, Lenovo, Sony, Toshiba dll baik itu laptop/ notebook maupun baterai netbook.
Bongkar pembungkus/ case baterai laptop yang rusak dan lepaskan rangkaian cell baterai dari case dengan hati-hati.
Sebelum melepas rangkaian cell baterai buat skemanya, ini contoh skema baterai Compaq-HP (Hewlett-Packard) yang rusak.
Skema baterai laptop/ notebook maupun baterai netbook merk lain bisa berbeda, buatlah sesuai keadaan sebenarnya.
Pisahkan rangkaian paralel baterai laptop agar kita dapat mengecek cell baterai laptop mana yang perlu diganti/ direfill. Ada baiknya masing-masing cell di beri kode agar mudah identifikasi yang sudah drop setelah dicek.
Setelah terpisah, cara untuk menemukan cell baterai laptop yang rusak untuk diperbaiki, siapkan AVO meter yang sudah di set di volt, untuk mengukur voltase tegangan masing-masing cell baterai laptop.
Pemahaman Singkat mengenai baterai laptop /netbook:
Cell baterai yang digunakan di laptop terkini adalah type lithium yang bisa disi ulang. Baterai Li-ion memiliki tegangan/ volt yang dalam keadaan normal dapat diketahui berada dalam rentang charging cut off 4.2V (tegangan baterai setelah dicas penuh /full charge) sampai dengan habis dipakai /discharging cut-off 3.0V (tegangan baterai dianggap habis).
Ampere adalah satuan kapasitas baterai. Yaitu lamanya waktu yang dibutuhkan cell baterai laptop bertahan dari keadaan penuh (4.2V) sampai baterai habis (3.0V) ketika diberi beban 1A secara konstan. Jika baterai habis dalam 2 jam maka dapat diasumsikan kapasitas yang dimiliki 2000mAh.(2A).
V=0,104, cell baterai lithium rusak perlu diganti
V=4,081 cell baterai baik, tidak perlu di ganti
V=0,008 cell baterai laptop rusak, perlu diganti Lanjutkan cek semua kondisi cell baterai, dan gantilah yang rusak. Beli cell baterai lithium baru sejumlah baterai li-ion yang rusak. Tempat jual cell baterai rechargable lithium untuk refill laptop bisa beli di toko elektronika/spare part kelistrikan.
Artikel Cara Mengatasi Baterai Laptop Drop ini merupakan rangkaian dari artikel kami sebelumnya mengenai "Baterai Laptop Rusak". Silahkan membaca artikel terkait tersebut untuk pemahaman yang lebih baik bagaimana cara membuka baterai laptop dan keterangan lainnya.
Dalam situsai tertentu jika merk laptop/ netbook kita tidak ada yang jual baterainya, atau harganya terlalu mahal (beberapa seri laptop harga jual baterai ori bisa mencapai 800 ribuan lebih) maka memperbaiki baterai laptop drop atau tidak mau dicharge ini dapat menjadi pilihan.
Sekedar info harga per cell baterai yang cukup baik dijual kisaran 50 ribuan (2000 maH), ada yang mencapai 100 ribuan untuk merk branded (panasonic/ Sharp/ Sanyo/ UltraFire) dengan ampere yang lebih besar 4000maH. Harga jual baterai laptop-netbook original merk Asus, Acer, Axioo, Compaq-HP, Lenovo, Sony, Toshiba kisaran 600-800 ribuan bergantung serinya.
Harga jual baterai OEM (Original Equipment Manufacturer) merk Acer, Advan, Apple, Asus, Axioo, Compaq-Hewlett-Packard, Lenovo, Toshiba kisaran 400-500 ribuan bergantung serinya. Sedangkan harga baterai laptop KW (china) mungkin lebih murah.
Cara memperbaiki baterai laptop dengan refill cell baterai lithium ini dapat diterapkan dalam kondisi sbb: Baterai laptop masih dapat bertahan beberapa menit menyimpan listrik atau Board circuit tidak rusak. Cara mengetahui kondisi circuit board baterai masih dalam kondisi baik dan tidak rusak adalah saat kita men-charge batere masih mau mengisi atau setidaknya di laptop akan terlihat lampu indikator yang menyala. Jika baterai laptop sama sekali tidak terdeteksi, tidak mau dicharge atau lampu indikator tidak menyala berarti baterai laptop tidak dapat diperbaiki dengan cara direfill.
Tidak ada warning tanda silang merah dipojok kanan bawah laptop disertai tulisan "Consider Replacing Your Battery" pada os windowsnya.
Karena untuk 2 kondisi kerusakan terakhir, yaitu masalah kerusakan board circuit baterai laptop dan ada warning baterai berbeda cara memperbaikinya. Cara memperbaiki baterai dengan refill ini hanya untuk cell baterai laptop yang ngedrop.

No comments:

Post a Comment

pertanyaan